sebutkan bentuk-bentuk tata ruang perkantoran apa saja?

 on Tuesday, 4 November 2014  

Tata Ruang Kantor Berkamar
Yang dimaksud dengan Tata Ruang Kantor Berkamar adalah ruangan untuk bekerja yang dipisahkan atau dibagi dalam kamar-kamar kerja.
Keuntungan tata ruang kantor berkamar adalah :
* Konsentrasi kerja lebih terjamin
* Pekerjaan yang bersifat rahasia, dapat lebih terjamin atau  terlindungi.
* Untuk menambah kewibawaan, status pejabat sehingga selalu terpelihara adanya
   kewibawaan pejabat/pimpinan.
* Untuk menjamin keberhasilan kerja dan merasa ikut bertanggung jawab atas ruangan dan
   merasa ikut memiliki.

Kerugian tata ruang kantor berkamar adalah:
* Komunikasi langsung antar pegawai tidak dapat lancar, sehingga kesempatan untuk
   mengadakan komunikasi menjadi berkurang.
* Diperlukan biaya yang lebih besar untuk biaya pemeliharaan ruangan, pengaturan penerangan
   dan biaya peralatan lainnya.
* Pemakaian ruangan kurang luwes apabila ada perubahan dan perkembangan organisasi.
* Mempersulit pengawasan.
* Memerlukan ruangan yang luas

Tata Ruang Kantor Terbuka
Yang dimaksud dengan Tata Ruang Kantor Terbuka adalah ruangan besar untuk bekerja yang ditempati oleh beberapa pegawai yang bekerja bersama-sama diruangan tersebut tanpa dipisahkan oleh penyekat.

Keuntungan tata ruang kantor terbuka
* Mudah dalam pengawasan, pengaturan cahaya, udara, pengaturan warna dan dekorasi
* Luwes atau fleksibel apabila diperlukan perubahanruangan dan tidak memerlukan biaya tinggi
* Mudah untuk mengadakan hubungan langsung, pengawasan, penyeragaman kerja dan
   pembagian peralatan kerja.

* Biaya lebih hemat atau murah untuk pemeliharaan : ruangan kerja, penggunaan
   kelengkapan ruangan dan peralatan, penggunaan telepon dan lain-lainnya.

Kerugian tata ruang kantor terbuka
* Kemungkinan timbul atau terjadi kegaduhan atau kebisingan
* Pegawai sulit untuk melakukan pekerjaan dengan penuh konsentrasi
* Batas kedudukan antara pimpinan dan bawahan tidak nampak jelas
* Pekerjaan yang bersifat rahasia sulit dilakukan
* Kemungkinan nampak adanya tumpukan-tumpukan berkas atau kertas dan peralatan kerja
   lainnya, sehingga mengakibatkan pemandangan yang kurang baik.

Tata Ruang Kantor Berpanorama
Yang dimaksud dengan Tata Kantor Berpanorama adalah ruangan untuk bekerja yang dihiasi oleh taman, dekorasi dan lainnya. Bentuk ruangan kantor berhias ini mengusahakan agar lingkungan ruangan perkantoran nampak seperti pemandangan alam terbuka dan benar-benar merupakan lingkungan yang nyaman, menyenangkan dan ekonomis dalam pemanfaatan ruangan.

Keuntungan tata ruang kantor berhias atau berpanorama :
* Para pegawai akan merasa nyaman dan betah bekerja
* Ketegangan syaraf dapat berkurang atau dihindarkan
* Kebisingan dan kegaduhan dapat berkurang atau dihindarkan
* Produktivitas kerja dapat meningkat, pekerjaan dilaksanakan dengan efesien sehingga
   tujuan organisasi dapat mudah dicapai

Kerugian tata ruang kantor berhias atau bertaman/berpanorama :
* Biaya cukup tinggi untuk mengadakan taman dan dekorasi lainnya.
* Biaya pemeliharaan tinggi
* Memerlukan tenaga ahli yang tidak mudah dan tidak murah

* Tata ruang kantor yang merupakan gabungan antara bentuktata ruang kantor berkamar, tata ruang kantor terbuka dan tata ruang kantor berhias. Tata ruang gabunagn ini perlu dipertimbangkan karena ketiga bentuk tata ruang mempunyai keuntungan dan kerugian yang ada, dapat diciptakan tata ruang kantor gabungan

sebutkan bentuk-bentuk tata ruang perkantoran apa saja? 4.5 5 om Tuesday, 4 November 2014 Tata Ruang Kantor Berkamar Yang dimaksud dengan Tata Ruang Kantor Berkamar adalah ruangan untuk bekerja yang dipisahkan atau dibagi dalam k...


1 comment:

Powered by Blogger.