Menu bar terdiri atas menu File, menu Edit, menu View, menu Insert, menu Format, menu Tools, menu Table, menu Window, dan menu Help. Menu-menu tersebut mempunyai submenu yang berfungsi untuk menjalankan perintah tertentu. Berikut ini adalah menu, submenu beserta fungsinya.
Menu File
Menu file terdiri atas beberapa submenu yang fungsi dari submenu-submenu tersebut adalah sebagai berikut.
a. New digunakan untuk membuat dokumen Microsoft Word baru.
b. Open digunakan untuk membuka dokumen Microsoft Word.
c. Close digunakan untuk menutup dokumen Microsoft Word.
d. Save digunakan untuk menyimpan dokumen Microsoft Word.
e. Save As digunakan untuk menyimpan dokumen Microsoft Word pada direktori (tempat) lain.
f. Save AsWeb Page digunakan untuk menyimpan dokumen Microsoft Word dalam bentuk web.
g. File Search digunakan untuk mencari dokumen Microsoft Word.
h. Permision digunakan untuk mengatur hak dalam membuka dokumen Microsoft Word. Permision terdiri atas tiga submenu yaitu Unrestricted Access (akses dokumen tidak terbatas), Do not Distribute (dokumen tidak bisa diakses oleh yang lain), dan Restrict Permision As (batasi pengaksesan dokumen).
i. Versions digunakan untuk merekam perubahan-perubahan pada dokumen Microsoft Word.
j. Page Preview digunakan untuk melihat tampilan dokumen Microsoft Word dalam bentuk halaman web.
k. Page Setup digunakan untuk mengatur tampilan halaman dokumen Microsoft Word.
l. Print Preview digunakan untuk melihat hasil pencetakan dokumen Microsoft Word sebelum dilakukan pencetakan sesungguhnya.
m. Print digunakan untuk mengatur jumlah halaman dokumen Microsoft Word yang akan dicetak, menentukan printer yang akan melakukan pencetakan, untuk mencetak dokumen
Microsoft Word.
n. Send To digunakan untuk melakukan pengiriman dokumen secara elektronik dan mengubah bentuk dokumen Microsoft Word ke dalam Microsoft Power Point. Send To terdiri atas submenu Mail Recipient (penerima surat), Mail Recipientfor review-(untuk diperiksa kembali), Routing Recipient
(penerima perantara), Online Meeting Participant (peserta pertemuan di internet), Recipient Using Internet Fax Service (penerima yang menggunakan fasilitas Fax internet), dan Microsoft Office Power Point.
o. Properties digunakan untuk mengisi informasi pengenal dokumen.
p. Exit digunakan untuk menutup Microsoft Word 2003.
Menu Edit
Menu edit terdiri atas beberapa submenu yang fungsi dari submenu-submenu tersebut adalah sebagai berikut.
a. Undo digunakan untuk membatalkan perintah pada saat perintah belum dijalankan.
b. Redo digunakan untuk membatalkan pembatalan pada saat perintah sudah dijalankan.
c. Cut digunakan untuk memotong kata, gambar, dan objekobjek lainnya.
d. Copy digunakan untuk menggandakan kata, gambar, dan objek-objek lainnya.
e. Office Clipboard digunakan untuk menampilkan kata, gambar, dan objek-objek lainnya yang sebelumnya telah di cut atau di copy, dan tersimpan dalam Clipboard.
f. Paste digunakan untuk menampilkan kata, gambar, dan objek-objek lainnya yang sebelumnya telah di cut atau dicopy.
g. Paste Special digunakan untuk menampilkan barisan kata, gambar, dan objek-objek lainnya yang sebelumnya telah di cut atau di copy ke dalam berbagai macam bentuk dokumen (Word, HTML, Text, Hyperlink, dan sebagainya) yang siap kamu ubah kembali.
h. Paste As Hyperlink digunakan untuk menampilkan kata yang sebelumnya telah di cut atau di copy ke dalam bentuk Hyperlink.
i. Clear digunakan untuk menghapus teks (tulisan) atau format teks (modifikasi yang diberikan pada tulisan) yang sebelumnya telah diblok (dipilih) terlebih dahulu. Clear terdiri atas submenu Formats (bentuk modifikasi tulisan), dan Contents (isi tulisan).
j. Select All digunakan untuk memblok (menyeleksi/memilih seluruh teks dalam Text Area.
k. Find digunakan untuk mencari kata pada Text Area.
l. Replace digunakan untuk mengubah kata pada Text Area.
m. GoTo digunakan untuk menempatkan posisi pointer mouse pada lokasi yang kamu tentukan.
n. Links digunakan untuk memodifikasi Links pada Text Area.
o. Object digunakan untuk memodifikasi suatu objek pada Text Area.
Menu View
Menu view terdiri atas beberapa submenu yang fungsi dari submenu-submenu tersebut adalah sebagai berikut.
a. Normal digunakan untuk mengubah tampilan Text Area menjadi tampilan Normal.
b. Web Layout digunakan untuk mengubah tampilan Text Area menjadi tampilan Web Layout (tampilan web).
c. Print Layout digunakan untuk mengubah tampilan Text Area menjadi tampilan Print Layout (tampilan pencetakan).
d. Reading Layout digunakan untuk mengubah tampilan Text Area menjadi tampilan Reading Layout (tampilan untuk membaca).
e. Outline digunakan untuk mengubah tampilan Text Area pada tampilan Outline (ringkasan).
f. Task Pane digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan Task Pane (jendela eksekusi).
g. Toolbar digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan Toolbar.
h. Ruler digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan Ruler.
i. Document Map digunakan untuk menampilkan ataumenyembunyikan Document Map (pemetaan dokumen).
j. Thumbnails digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan Thumbnails.
k. Header and Footer digunakan untuk menyisipkan Header (tulisan di atas halaman dokumen), dan Footer (tulisan di bawah halaman dokumen).
l. Footnotes digunakan untuk menampilkan footnotes (catatan kaki).
m. Markup digunakan untuk memberikan tanda (komentar, Highlight) pada teks atas perubahan yang dilakukan (penambahan atau pengurangan format tulisan, dan lainnya).
n. Full Screen digunakan untuk merubah tampilan Text Area pada pada tampilan layar penuh (Full Screen).
o. Zoom digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan Text Area.
Menu Insert
Menu insert terdiri atas beberapa submenu yang fungsi dari submenu-submenu tersebut adalah sebagai berikut.
a. Break digunakan untuk memecah atau membuat halaman baru berdasarkan lokasi yang kamu tentukan.
b. Page Numbers digunakan untuk menyisipkan nomor halaman.
c. Date and Time digunakan untuk menyisipkan tanggal, dan waktu.
d. Auto Text digunakan untuk menyisipkan berbagai macam bentuk kata secara otomatis. Bentuk auto text terdiri dari attention line (kata peringatan), closing (kata penutup), Header/Footer, mailing instruction (perintah pengiriman surat), reference initials (singkatan), reference line (kata keterangan), salutation (pembukaan), signature (tanda tangan), signature company (logo perusahaan), dan subject line (kata utama/judul).
e. Field digunakan untuk menyisipkan field. Field berguna untuk menampilkan informasi mengenai dokumen (seperti jumlah halaman dan lain lain).
f. Symbol digunakan untuk menyisipkan simbol.
g. Comment digunakan untuk menyisipkan komentar.
h. Reference digunakan untuk menyisipkan reference. Macammacam reference yaitu, rootnote (catatan kaki), caption (tulisan di bawah gambar/judul halaman atau bab), cross Reference (penunjukan ke kata yang lain) dan Index (daftar kata) and Tables (tabel).
i. Web Component digunakan untuk menyisipkan komponen- komponen web (internet).
j. Picture digunakan untuk menyisipkan gambar.
k. Diagram digunakan untuk menyisipkan diagram.
l. Text Box digunakan untuk menyisipkan text box (tulisan dalam bingkai kotak).
m. File digunakan untuk menyisipkan dokumen Microsoft Word.
n. Object digunakan untuk menyisipkan object pada lembar kerja.
o. Bookmark digunakan untuk menyisipkan bookmark (penunjuk halaman).
p. Hyperlink digunakan untuk menyisipkan hyperlink pada text area
No comments:
Post a Comment