Bagaimana macam Perintah Dasar Linux?

 on Wednesday 4 March 2015  

Setiap pemakai Linux harus mempunyai nama login (user account) yang sebelumnya harus didaftarkan pada administrator system. Nama login pada umumnya dibatasi maksimum 8 karakter dan memakai huruf kecil. Prompt dari shell bash pada linux menggunakan tanda ―$‖, dan apabila sudah berubah menjadi super user, maka akan berubah menjadi tanda ―#‖.

Masuk ke Halaman Terminal Linux
Suatu sesi linux terdiri dari 3 langkah, yaitu : Login, Bekerja dengan Shell / menjalankan Aplikasi dan Logout. Untuk dapat masuk ke terminal linux, maka langkahnya adalah pilih menu Applications -> Accessories -> Terminal seperti gambar berikut ini.




Pada gambar di atas, apabila kita klik pada Terminal Linux, maka akan muncul halaman seperti berikut ini.



Pada gambar di atas, terlihat bahwa tanda yang muncul di depan nama user adalah $, itu berarti masih berupa user biasa. Agar berada pada posisi super user, maka ketikkan perintah su, kemudian diikuti dengan passwornya. Password tersebut dibuat ketika kita melakukan proses instalasi. Dimungkinkan juga untuk membuat user dan password setelah melakukan proses instalasi.
Untuk keluar dari posisi super user atau root, maka ketiklah perintah exit, seperti berikut ini :




Melihat user ID dan group ID
Untuk melihat user ID dan group ID dari komputer yang digunakan, maka perintahnya adalah $ id, seperti berikut ini.



Melihat Tanggal Hari Ini
Untuk menampilkan hari, bulan, tanggal , waktu dan tahun (sistem tanggal dan waktu), maka perintahnya adalah $ date, seperti berikut ini.



Melihat Kalender Bulan Ini
Untuk menampilkan kalender pada bulan yang sedang berjalan (saat ini), maka digunakan perintah $ cal, seperti gambar berikut ini.



Melihat Kalender Tahun Ini
Untuk menampilkan kalender dalam satu tahun penuh, maka perintahnya adalah $ cal –y, seperti berikut ini.





Melihat Kalender Bulan 9 Tahun 1974
Untuk menampilkan kalender pada bulan September tahun 1974, maka perintahnya adalah $ cal 9 1974, sepertipada gambar diatas
Bagaimana macam Perintah Dasar Linux? 4.5 5 om Wednesday 4 March 2015 Setiap pemakai Linux harus mempunyai nama login (user account) yang sebelumnya harus didaftarkan pada administrator system. Nama login pada ...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.