Bagaimana Mengantisipasi Kerusakan Pada Saat Instalasi?

 on Tuesday 10 March 2015  

Kerusakan Pada Saat Instalasi
Kerusakan pada saat instalasi biasanya disebabkan oleh tidak lengkapnya file yang ada pada CD/DVD atau media penimpanan lainnya. Hal ini akan mengakibatkan corrupt pada sistem operasi ketika proses instalasi telah selesai. Selain file, kerusakan dapat terjadi juga pada perangkat kerasnya. Misalnya ketika filenya berupa CD/DVD, kemudian DDROM Drive nya megalami kerusakan, kemungkinan optiknya tidak bekerja 100 %, maka juga dapat menyebabkan ketidaklengkapan file.

Mengantisipasi Kerusakan Pada Saat Instalasi
Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengantisipasi kerusakan pada saat instalasi sistem operasi adalah sebagai berikut :
Pastikan bahwa file / DVD yang digunakan memiliki file yang lengkap tanpa adanya error. Untuk sistem operasi debia, maka saudara dapat mendownload pada alamat resminya di https://www.debian.org/, seperti pada gambar berikut ini.

 

Pada alamat tersebut banyak fasilitas yang tersedia, misalnya informasi tentang Free Software, Partners, Donasi, Instalasi melalui jaringan Internet (Network Install), CD ISO Image, Release Info, Installation Manual, Deboan Books, Bug Reports, Download Debian versi terbaru dan lain sebagainya.

Melakukan Perawatan Pada Sistem Operasi
Melakukan perawatan pada sistem operasi merupakan hal yang penting, karena beberapa alasan tersebut dibawah ini :
  • Sistem operasi memegang peranan penting terhadap performa atau kinerja perangkat komputer.
  • Komputer digunakan untuk mengerjakan berbagai tugas dan beberapa membutuhkan waktu secepat mungkin.
  • Mencegah kerusakan Sistem Operasi, Program aplikasi, data, bahkan hardware yang nantinya dapat menimbulkan kerugian yan lebih besar.

Beberapa penyebab kerusakan atau kinerja tidak optimal pada Sistem Operasi antara lain sebagai berikut :
  • Kerusakan hardware, misalnya : hardisk, RAM, Processor dan lain sebagainya.
  •  Registry yang terlalu banyak terkontaminasi informasi dari berbagai sumber.
  • Banyak software yang tidak disupport hardware yang memadai.
  • pemutusan proses yang belum selesai.
  • Sistem Operasi terkontaminasi berbagai jenis virus.
Salah satu langkah yang perlu dilakukan adalah membackup sistem Operasi. Tujuan dari backup sistem operasi ini adalah untuk menyimpan sistem operasi yang sudah ada sebagai antisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi permasalahan pada sistem operasi, sehingga tidak perlu melalukan instalasi sistem operasi mulai dari 0 lagi.

Bagaimana Mengantisipasi Kerusakan Pada Saat Instalasi? 4.5 5 om Tuesday 10 March 2015 Kerusakan Pada Saat Instalasi Kerusakan pada saat instalasi biasanya disebabkan oleh tidak lengkapnya file yang ada pada CD/DVD atau media p...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.